Minggu, 07 Agustus 2011

Perjalanan Penuh Hikmah #Ramadhan1432H

Kemarin sore gw sungguh-sungguh mengalami perjalanan yg luar biasa, memang bulan Ramadhan adalah bulan penuh hikmah. tidak hanya pintu surga yang dibuka lebar-lebar tetapi juga, pintu tobat tak lupa Allah persembahkan kepada hamba-hambanya.

Pagi-pagi ketika gw masih ngebo karena memang udah gak ada lagi jadwal kuliah, tiba-tiba sms masuk bilang kalo ada anak jambi yang ditemukan tewas di parit dekat polsek Pauh. Pertama gw nggak terlalu ngeh dengan info ini, tapi teman-teman yang laen silih berganti menghubungi gw menanyakan kebenaran info itu, akhirnya karena sudah mulai ngerasa aktivitas ngebo gw terganggu gw bangun ... dan check info di internet [here]. Padang today Kamis, 04/08/2011 memang menuliskan di situ tentang kejadian tersebut. Singkat cerita korban bernama Abdul Rahman, dengan KTP sebagai warga Marene Selincah, Jambi. Gw ingat-ingat lagi rasanya gw kenal nama itu, sampe akhirnya gw nge-cek database ke sekretaris IMKJ... dan benar saja ternyata di database anak baru 2011 memang ada yang namanya Abdul Rahman.

Biasanya kalo urusan muka orang dan nama gw paling payah banget bwat mengingat, tapi nama yang satu ini gw inget banget kronologis dari awal pertama kali beliau nyamperin stand IMKJ waktu penerimaan maba dan nanya ''Kak, anak-anak dari jambi yo?'' | "Oh iy dek, dari jambi dek?"| itulah awal percakapan gw dengan almarhum, kebetulan waktu itu gw sendirian yang jaga stand karena menjelang sholat Jumat. Kita sempat ngobrol-ngobrol tentang asal Sekolah nya di jambi, dan di tengah obrolan teman gw yang cowok datang ... yang kebetulan kakak kelas dia waktu di smp. waktu itu dia mo langsung pulang, tapi gw tawarin aja bwat solat jumat di kampus karena takut gak terkejar nanti dya pulang ke Gadut. Akhirnya dya titip tas nya di stand dan pergi solat jumat bareng temen gw yang cowok.

Gw ingat persis kronologis mahasiswa baru yang ini memang karena kesan dari pertama gw ngeliatnya nih anak masih polos banget, udah gitu dia kayak nya bener-bener tertarik banget dengan IMKJ.. itu yang ngebuat gw menaruh simpatik. Jarang-jarang loh anak baru yang langsung bener-bener tertarik dengan IMKJ... orang-orang seperti ini yang memang gw pengen banget gw rekrut bwat kelanjutan IMKJ ke depannya.

Jadi siang Kamis itu juga kita terus nyari informasi tentang korban tersebut, teman-teman ada yang langsung ke Polsek Pauh bwat nanyain informasi alamat lengkap, sampe hari jumat ternyata kita blom juga bisa dapetin alamat pasti almarhum, dan sempat dapat kabar kalo jasad dimakamkan di lubuk minturun cuma blom tau alamat pastinya ... waktu itu sudah ikhlas juga kalo nggak datang langsung, dan kita smua memutuskan untuk mengirimkan doa saja. Tapi karena kita punya alamat lengkap nya yang di Jambi dari berita situs Padang-today.com itu, teman2 + Alumni IMKJ yang berada di jambi memutuskan untuk nyari alamat yang di Jambi. Gotcha! mereka dapat dan ngirimin alamat lengkap + kontak yang bisa dihubungi. Akhirnya kemarin, Sabtu 6/08/2011 kita yang kebetulan habis rapat langsung meluncur ke Lubuk Minturun sore itu juga. 

Sampe di kediaman kami disambut hangat keluarga almarhum, dan kenyataan mengejutkan laen yang gw dapat waktu itu adalah ... WOW! ternyata dunia itu bener-bener nggak sebesar yang gw bayangkan... almarhum adalah adek teman smp gw di SMP 1 jambi, yang gw sayangkan kenapa harus bertemu dengan teman lama dalam suasana yang seperti ini. it's not good, man!. Kita cerita panjang lebar termasuk kejadian-kejadian ganjil sebelum beliau berpulang, seperti silly answers dari beberapa pertanyaan yang menanyakan "Mau kemana man?"| "Ke Surga mak wo" | dan itu tidak hanya sekali beliau bilang, waktu masih di jambi juga dia jawab "mau ke Rahmatullah". Subhanallah.

Yang paling berkesan bagi gw adalah ternyata keluarga dan kakaknya sudah nggak asing dengan kami-kami dari IMKJ karena ternyata almarhum banyak sekali cerita tentang pertemuan kami dengannya di kampus tepatnya di PKM. Bahkan setiap detail perkataan kami pun diketahui oleh kakaknya, karena sepulang dari kampus beliau bercerita langsung dengan kakaknya. Beliau juga bilang senang sekali telah bergabung dengan IMKJ dan merasa nggak sendirian di kota Padang ini. 

Orang tua nya juga cerita kalo beliau awalnya gak berniat bwat kuliah di padang, tapi di akhir-akhir kelas 3 sma dia berubah pikiran dan memilih unand sebagai pilihannya di snmptn. Benar atau tidak tapi mungkin ini ada hubungannya juga dengan kegiatan Roadshow IMKJ-Unand yang kami adakan untuk adik-adik kelas 3 SMA di kota jambi & sekitarnya waktu itu. Allahu'alam.

Di Berita yang gw peroleh sempat tersiar kabar kalo mayat bakal divisum karena sebab kematian belum jelas, tapi ternyata keluarga tidak mengizinkan untuk divisum dan lebih memilih merelakan dengan ikhlas "toh untuk apa juga, anak kita juga sudah nggak ada".


"Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: "Ini adalah dari sisi Allah", dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: "Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)". Katakanlah: "Semuanya (datang) dari sisi Allah". Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun?" (An Nisa' : 78)



Karena kita sudah terlanjur kesorean, akhirnya kami diminta keluarga untuk berbuka puasa di kediaman almarhum. Dan kita pulang sekitar jam 19.30 wib. Perjalanan kali ini benar-benar menyisakan bekas di hati gw pribadi. Tentang keikhlasan dan ketabahan orang tua, budi pekerti luhur sang anak, dan kematian. Ternyata memang hidup di dunia itu kita harus banyak-banyak ingat mati, karena kita tidak tahu kapan kita dipanggil sang Pencipta, mungkin lusa, besok, ataupun beberapa saat lagi. Sekali lagi gw diingatkan dengan kematian, dan kembali pertanyaan-pertanyaan aneh tentang  kematian mencuat ke permukaan "Apakah ada yang datang, menangisi, dan menyesali kepergian gw ... nanti???"

"Dialah Yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu), dan ada lagi suatu ajal yang ditentukan (untuk berbangkit) yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendirilah mengetahuinya), kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang berbangkit itu)" (Al-An'am : 2)

NoteBego: seandainya tau kalo itu pertemuan pertama dan terakhir gw dengan beliau, mungkin gw bakal ngobrol lebih lama lagi dan titip salam maaf sebesar-besarnya untuk Allah

3 komentar:

  1. It's very straightforward to find out any matter on web as compared to textbooks, as I found this post at this website.

    Here is my web page: vaping ecigs

    BalasHapus
  2. It's an awesome paragraph in support of all the internet viewers; they will get advantage from it I am sure.

    Here is my homepage :: wikijava.org.ua

    BalasHapus
  3. I am really enjoying the theme/design of your website.
    Do you ever run into any internet browser compatibility issues?
    A couple of my blog visitors have complained about my website not working correctly
    in Explorer but looks great in Firefox. Do you have any suggestions to help fix this problem?


    Here is my blog post; rioradar.com

    BalasHapus